Pagar Pengaman Semi Kaku (Guardrail Semi Rigid)







FUNGSI pagar pengaman jalan (guard rail) untuk memperingatkan pengemudi akan adanya bahaya (jurang) dan melindungi pemakai jalan agar tidak sampai terperosok. Umumnya dipasang pada bagian-bagian jalan menikung, baik terdapat jurang maupun tidak, yang dikombinasikan dengan pemasangan rambu "chevron". Dapat juga dipasang pada jalan lurus dimana di sisi jalan terdapat jurang atau terdapat perbedaan ketinggian dengan badan jalan yang dapat membahayakan pemakai jalan.


UKURAN

1.      Lempengan besi (beam) merupakan plat besi yang bergelombang dan memanjang dimana di bagian ujungnya disambungkan dengan lempengan besi melengkung, yang biasa disebut lempengan besi (terminal end). Lempengan besi mempunyai ukuran minimal yaitu:

·         Penampang melintang: Tebal 2,67 mm / 2,75 mm, lebar 312 mm, tebal lekukan 83 mm, Jari-jari lekukan 240 mm.

·         Panjang lempengan: Panjang total 4.32 m dan Panjang efektif 4 m.

 

2.     Lengan Lempengan besi:

·         Penampang melintang sesuai dengan ukuran lempengan besi (beam)

·         Penampang memanjang dengan ukuran minimal: Panjang total 725 mm, Panjang efektif 540 mm, Jari-jari lekukan luar 240 mm, Jari-jari lekukan dalam 580 mm, Tebal lekukan 250 mm.

 

3.     Tiang penyangga (post) adalah merupakan suatu tiang berbentuk "letter U" yang kokoh dengan ketebalan penampang plat 4.5 - 6 mm dan berfungsi untuk menegakkan dan memperkokoh berdirinya lempengan besi. Tiang penyangga mempunyai ukuran minimal lebar  180 mm, ketebalan 4,5-6 mm, Panjang total 1.800 mm, Tiang efektif di atas permukaan tanah terhadap lempengan besi 655 mm.

 

4.     Besi Pengikat (blocking) adalah profil baja berbentuk "letter U" dengan ketebalan penampang plat minimal 6 mm, panjang 300 mm, lebar 180 mm dan ketebalan blocking 6 mm, yang berfungsi sebagai pengikat antara tiang penyangga dengan lempengan besi (beam).



BAHAN

1.     Lempengan besi dan Tiang penyangga (post) terbuat dari tipe Plat Baja gelombang lapis seng pagar pengaman (flex beam guard rail) dengan mutu bahan yang harus memenuhi syarat.

2.     Lengan lempengan besi (sleeve beam) mempunyai bahan yang sama dengan lempengan besi (beam).

3.     Ukuran Baut yang digunakan untuk sambungan plat baja gelombang lapis seng harus memenuhi syarat

4.     Besi pengikat (bracket) adalah berupa baut jenis payung dan mur diameter 16 mm untuk beam, baut jenis payung dan mur diameter 16 mm untuk bloking, dan baut dan mur jenis hexagonal diameter 16 mm untuk tiang serta besi pengikat yang berfungsi untuk penyambung dan melekatkan lempengan besi ke tiang penyangga yang mempunyai bahan yang sama dengan lempengan besi (beam).

5.     Pada bagian belakang lempengan besi (beam) dan terminal end dibubuhi Stiker perlengkapan jalan tulisan sumber pendanaan, dan tahun anggaran.

6.     Setiap bahan pagar pengaman yang akan digunakan harus lulus uji laboratorium dengan menunjukkan sertifikat uji laboratorium berskala nasional atau internasional.



WARNA

1.     Pagar pengaman jalan (tiang penyangga, lempengan besi dan lengan lempengan besi) tetap menggunakan warna asli.

2.     Pada setiap lempengan (beam) pagar pengaman dipakukan bahan yang sifatnya memantulkan cahaya (reflektor) jenis engineering grade dengan jarak per 4 meter ditengah-tengah beam, dengan ketentuan warna putih untuk sebelah kanan arah arus lalu lintas, dan merah untuk sebelah kiri arah arus lalu lintas.



PEMASANGAN

1.      Pemasangan Tiang Penyangga

·         Pembuatan lubang pondasi kedalaman dan dasar lubangnya disesuaikan dengan gambar (1.145 x 600 x 600) mm.

·         Pada bagian tiang yang tertanam ditanah harus dipasang angkur paling sedikit 3 (tiga) buah.

·         Untuk melindungi tiang dari kemungkinan turun, dasar lubang harus dikeraskan dengan lapisan pasir padat minimal setebal 100 mm.

·         Tiang penyangga harus dipasang pada posisi tegak lurus.

·         Lubang dicor dengan adukan perbandingan semen, pasir dan koral 1:2:3.

·         Tanah di pinggir pondasi dipadatkan dengan alat pemadat (stamper).

·         Bagian pondasi yang menonjol diatas permukaan tanah 100 mm.

·         Pemasangan tiang penyangga harus dilakukan secara cermat dan teliti, untuk itu perlu pemerikasaan ketinggian dan jarak sampai akurasi 10 mm (1 cm).

 

2.      Pemasangan lempengan besi

·         Lempengan besi direntangkan antara 3 (tiga) tiang dan lubang tempat penyambungan diletakan sesuai dengan pemasangannya. Bila menggunakan besi siku penyambung (bracket), besi ini diletakkan pada tempatnya.

·         Setiap 2 (dua) lempengan besi yang berdampingan diikat pada satu tiang dengan menggunakan baut dan mur yang sesuai untuk pengamanan baut dapat dibengkokkan atau dilas.

·         Apabila pada kondisi dimana penempatan pagar pengaman jalan menikung agar menggunakan lempengan besi (beam) yang melengkung untuk memudahkan pengikatan lempengan besi (beam) pada tiang (post) yang dikombinasikan dengan pemasangan rambu Chevron dan disesuaikan dengan bentuk tikungan.

·         Semua baut yang terpasang harus dimatikan sehingga tidak bisa lepas.

·         Pada kedua ujung pagar pengaman jalan dapat dilekukkan sampai permukaan tanah atau diberi pengaman untuk keselamatan pemakai jalan.

3.      Pemeriksaan Akhir

·         Kekuatan berdirinya tiang penyangga.

·         Ketepatan penyambungan antara lempeng besi dengan lempengan besi atau lempengan besi dengan lengan lempengan besi (sleeve beam).


(Surat Dirjen Perhubungan Darat No: AJ.003/5/9/DRJD/2011)


     Informasi dan Pemesanan Hubungi Marketing kami : 

    Rohmad 
    Atau Klik Link Whatsapp 
   Telp. 0813 1035 9516




   




#Jual Pagar Barrier Guardrail #Teknologi Roller Barrier Guardrail  #Pagar Pengaman Semi Kaku (Guardrail Semi Rigid) # Rolling Guardrail 

#Harga #Gorong-gorong baja #Guardrail #guadrill #Pagar jalan # pagar Jalan Raya # Ppagar Pengaman # railing # W Beam # Tree beam # doble Beam Triple Beam # Beam Tiang Post # Terminal End # bulnose # Reducer Beam # Post # Blocking #Armco #Steel #Galvanis #Corrugated steel #Plate #Plat #Indonesia #Culvert #Culvert #Box beton #Box besi #Box Baja # Box Pipa #Tutup Conveyor # sumur baja tambang # Sumur Besi # sumur terowongan# flyover # Gaplex #amco # pipa baja bergelombang # CMP # Mortar Busa #Murah

#Nanggroe Aceh Darussalam - Banda Aceh #Sumatera Utara - Medan #Sumatera Barat - Padang #Riau - Pekan Baru #Kepulauan Riau - Tanjung Pinang #Jambi - Jambi #Bengkulu - Bengkulu #Sumatera Selatan #Palembang #Kepulauan Bangka Belitung - Pangkal Pinang #Lampung - Bandar Lampung #Banten - Serang #DKI Jakarta - Jakarta #Jawa Barat - Bandung #Jawa Tengah - Semarang #Jawa Timur - Surabaya #DI Yogyakarta - Yogyakarta
#Bali - Denpasar #Nusa Tenggara Barat - Mataram #Nusa Tenggara Timur - Kupang #Kalimantan Barat - Pontianak #Kalimantan Selatan - Banjarmasin #Kalimantan Tengah - Palangkaraya #Kalimantan Timur - Samarinda #Kalimantan Utara - Tanjung Selor #Gorontalo - Gorontalo #Sulawesi Selatan - Makassar #Sulawesi Tenggara - Kendari #Sulawesi Tengah - Palu #Sulawesi Utara - Manado #Sulawesi Barat - Mamuju #Maluku - Ambon. #Maluku Utara - Sofifi #Papua - Jayapura #Papua Barat - Manokwari



Tidak ada komentar